Thursday, March 8, 2012

this supernormal journey - Part 1 :D

Day 1-2

sebenernya ini semua copy-paste dari email yang dikirim ke keluarga dan beberapa teman plus diedit dikit-dikit. hehe :D

Dobry den* buat Mama Papa,
Ahoj!* buat mas-mas, mbak-mbak, dan teman-teman yang lainnya,

* dobry den/ ahoj : cara orang czech menyapa satu sama lain

Terimakasih atas segala bantuannya dalam keberangkatan exchange-ku ke Praha. Well, akhirnya merasakan juga jadi incoming student setelah hampir 5 tahun menjamu incoming student (-___-). Aku mencapai Praha kemarin (29 Februari 2012) sore tepatnya pukul 13.50 waktu setempat di Ruzyne Airport sekitar 30 menit dari pusat kota. Di sini, aku dan anggra (exchange mate-ku) ditempatkan di sebuah dormitory di pinggir kota. Lamanya perjalanan dari dormitory ke rumah sakit (Fakultni Nemocnice Kralovske Vinohrady) tepat 23 menit. I am so wondering that they can predict the time exactly, even for every single minute J. Oya, perjalanan dari airport ke dormitory itu penuh perjuangan gara-gara bawa koper segede lemari baju padahal dijemputnya naik angkot hahaha. Berbeda kalo jemput incoming student di solo, biasanya kami bawa kendaraan sendiri atau apes-apes kami jemput naik taksi pake uang kas scope. Tapi transportasi di Praha bener-bener walk excellently, aksesnya gampang banget bahkan ketika kami membawa koper segede lemari baju. Dorm kami cukup bagus, ada dua single bed, room heater (tempat kami jemur cucian, garing lho dijemur disini :p), water heater di kamar mandi (minum dari air kran, makan super bubur juga ambil air panas yang dikamar mandi), ada kompor elektronik (sampe saat ini kami masih cari pinjeman panci/stove buat masak nasi), dan ada kulkas.

Sekarang bicara tentang suhu, suhu di sini dingin sih tapi ya ngga dingin-dingin banget. Hmm percayalah ternyata masih lebih dingin di puncak gunung Lawu atau di puncak gunung Merbabu :p



Hari ini adalah hari pertama di rumah sakit. Dua hari sebelum berangkat, Tereza (Local Exchange Officer di sini) menginformasikan kalau ternyata aku akan mengikuti clerkship di departemen kardiologi / jantung. Tapi ternyata di waktu-waktu terakhir tadi pagi, I was allowed to join neurology department. Whooohooooo! Seneng banget jadinya dapet neuro :D Bahkan salah satu staff neuronya bilang “I want to know how much do you know about neurology, baru dibolehin masuk” (eeerrrr doi ga ngomong campur-campur gitu deh hahaha). Masyaallah deh ya, oon sih tapi untung ga oon-oon banget (-___-). Akhirnya bergabung dengan departemen neuro di sini, first impression-nya: the neurologist team looks brainy and the nurses look so damn sexy (-_______-). Masa perawatnya pake rok mini \m/.  Di hari pertama di rumah sakit, aku bertemu dengan Prof. Kalvach yang super baik banget. Dia ngenalin ke semua orang di SMF neuro di sini. Setelah dikenalkan ke semua orang, aku mengikuti grand round bersama Chief staff (dr Ivana), satu staff lainnya yang ga tau siapa namanya, dua orang residen, dan perawat. Di sini semuanya ga ada yang gabut atau gaji buta. Ada residen namanya dr Thomas yang baik banget, dia menerjemahkan bahasa planet (bahasa ceko) tersebut menjadi bahasa inggris.  Dr ivana juga baik banget, dia menjelaskan keadaan masing-masing pasien, bahkan mengajak diskusi juga :’) *terharu*. Hubungan antara staff dan residen di sini keren banget, yang ada itu respect bukan ego. Jadi residennya diajak brainstorming tanpa pakai senioritas, dianggapnya seperti rekan. Sehabis grand round mereka berdiskusi, kalau ngga menemukan jawabannya mereka akan googling terus dianalisis bareng-bareng. Ew! Keren ya (*___*). Berbeda kaya di Indonesia yang residennya sering banget dimarahin sama staff :p (terus akhirnya residennya marahin koas deh). Professor Kalvach baik banget, tadi siang aku ditraktir makan di kantin, bahkan ditawarin kalo mau jajan cokelat atau permen. Entah kenapa dia baik banget gitu ya, mukanya kaya exciting banget. Mungkin baru pertama kali liat orang asia kali ya. Hahaha. Selama makan siang, kita ngobrol macem-macem, ngobrol tentang Indonesia, tentang Praha, tentang researchnya dia (tentang thrombus, aterosklerosis, MRI, dsb), tentang makanan, tentang keluarga, tentang pemerintahan, dan sebagainya. Kerennya lagi, aku dikasih ruangan di neurologi. Much more than I’ve expected before, it’s really nice to be here J.

Karena hari ini ikut grand round, jadi liat beberapa kasus. Kurang lebih jenis kasusnya sama sih kaya di Indonesia (RS Dr Moewardi Surakarta), tapi dari segitu banyaknya pasien bangsal masa ngga ada yang stroke hemoragik tapi yang stroke iskemik lumayan banyak. Yah no wonder sih, pola makannya aja begitu. Fatty parah! Other cases were myogenic typical lesion, multiple sclerosis, stroke iskemik, radikulopati, epilepsi, dsn. Di makan malam pertama, aku, anggra, Sandra, dan martina makan di tempat Pizza gitu. Dan mereka ketawain soalnya aku dan anggra cuman abis masing-masing 2 slice pizza. Errrr, lambung mereka lambung mangkurat deh. Buanyak banget makannya! Masa satu pan pizza yang gede banget itu buat sendiri?! Tapi di sini orang stroke bagus-bagus lho.

Errr, sepertinya sampai di sini dulu ya. Hari kedua diakhiri dengan konsletnya listrik dorm gara-gara tangan... ku... hahaha.

Regards,

Sin

No comments: