Thursday, July 22, 2010

Donat - Donut - Doughnut

Donat/ Donut/ Doughnut, semacam roti yang bentuknya khas yaitu ada lubang dibagian tengahnya. Bentuknya identik dengan huruf O. Toppingnya ada macem-macem, ada cokelat, keju, sugar rice, kacang, almond, dsb. Kalo favorit gw itu adalah donat keju sama yang pake sugar rice gitu :9 Oke, karena selama liburan ini gw menjelma bak eating machine, jadinya hari ini gw berusaha untuk menjadi food producing machine. heheh. Hari ini gw membuat donat, resepnya gw tulis di bawah. Ini fotonya:


Dari hasil googling, gw mendapat beberapa fakta mengenai si roti bolong ini. Mari disimak :D Asal-usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga mempopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler). 


Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.

Resep donat (gausah protes tentang rasa ya :p ini enak banget)
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 1 bungkus fermipan
  • 3 kuning telur
  • 75 gr mentega dicairkan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • gula halus, cokelat, keju (buat topping)
semuanya diaduk jadi satu, kalo adonan udah rata terus didiamkan sambil tempatnya ditutup pakai serbet. Niscaya (halah hehe) nanti adonan itu akan meragi dan menjadi besaaar~ kalo udah gitu dibentuk jadi berbentuk donat deh. lalu digoreng di minyak panas dan tiriskan! taburi dengan toping kesukaanmu :9 selamat mencoba :)

regards,

sinta 

No comments: